Template by:
Free Blog Templates

Jumat, 16 November 2012

Televisi: Sejarah berdirinya televisi di indonesia



Stasiun Televisi yang mengudara di indonesia ada sekitar 11 stasiun televisi yang mengudara secara nasional , 1 televisi milik pemerintah yaitu TVRI sedangkan sisanya adalah milik swasta. Namun secara keseluruhan ada sekitar 197 stasiun televisi dimana yang ke 186 adalah televisi lokal. Lalu bagaimanakah sejarah berdirinya mereka dan siapa yang terlebih dahulu mengudara? Berikut ini data sejarah berdirinya televisi indonesia disajikan oleh kami tim bacaankeluarga.blogspot.com untuk pengunjung setia blog bacaan keluarga. Jangan lupa di LIKE atau di SHARE ya!


1. Stasiun Televisi TVRI (1962)
Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi pertama di Indonesia, yang mengudara pada tanggal 23 Agustus 1962. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Siarannya ini masih berupa hitam putih. TVRI kemudian meliput Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.
TVRI juga memiliki Programa 2 Jakarta, pada saluran/chanel 8 VHF. Programa 2 mulai mengudara pada April 1989 dengan acara tunggal siaran berita bahasa Inggris dengan nama Six Thirty Report selama setengah jam pukul 18.30 WIB, di bawah tanggung jawab bagian Pemberitaan.


2. Stasiun Televisi RCTI (1989)
RCTI pertama mengudara pada 13 November 1988 dan diresmikan 24 Agustus 1989 dan pada waktu itu, siaran RCTI hanya dapat ditangkap oleh pelanggan yang memiliki dekoder dan membayar iuran setiap bulannya. RCTI melepas dekodernya pada akhir 1989.

3. Stasiun Televisi MNCTV (1991)
MNCTV (dahulu bernama TPI) adalah stasiun televisi swasta Indonesia yang mengudara secara terestrial dari Jakarta. Namanya yang sekarang dipergunakan sejak 20 Oktober 2010. TPI pertama kali mengudara pada 1 Januari 1991 selama 2 jam dari jam 19.00-21.00 WIB. TPI diresmikan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1991 di Studio 12 TVRI Senayan, Jakarta Pusat. Pada awal pendiriannya tahun 1991 TPI hanya ingin menyiarkan siaran edukatif saja. Saat itu TPI hanya mengudara 4 jam.

4. Stasiun Televisi SCTV (1993)
SCTV (awalnya singkatan dari Surabaya Central Televisi Indonesia) mengudara pertama kali pada tanggal 24 Agustus 1990 di Surabaya, Jawa Timur, dengan jangkauan wilayah Surabaya dan sekitarnya (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, dan Lamongan). Pada tahun 1991, pancaran siaran SCTV meluas mencapai Bali dan sekitarnya. Sejak itu kepanjangan SCTV menjadi Surya Citra Televisi Indonesia. Pada tanggal 1 Januari 1993, berbekal SK Menteri Penerangan No. 111/1992, SCTV mengudara secara nasional.

5. Stasiun Televisi ANTV (1993)
antv (dieja Anteve, singkatan dari Andalas Televisi). antv didirikan pada 1 Januari 1993 sebagai stasiun televisi lokal di kota Lampung. Tanggal 18 Januari 1993 antv mendapat izin siaran nasional melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04A/1993. Sepuluh hari setelah izin tersebut keluar antv mengudara secara nasional. Studio antv yang semula berada di Lampung dipindahkan ke Jakarta.

6. Stasiun Televisi INDOSIAR (1995)
INDOSIAR diluncurkan pada 11 Januari 1995. Bentuk logo Indosiar yang sangat mirip dengan bentuk logo Televisi Broadcasts Limited, Hongkong. Indosiar pada awalnya memang banyak manayangkan drama-drama Hongkong. Contohnya serial Return of The Condor Heroes yang dibintangi oleh Andy Lau, To Liong To yang dibintangi oleh Tony Leung. Keduanya cukup populer di kalangan penonton.

7. Stasiun Televisi MetroTV (2000)
PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama "MetroTV" pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, MetroTV mengudara untuk pertama kalinya dalam bentuk siaran uji coba di 7 kota. Pada awalnya hanya bersiaran 12 jam sehari, sejak tanggal 1 April 2001, MetroTV mulai bersiaran selama 24 jam. Dari awalnya memulai operasi dengan 280 orang karyawan, saat ini MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.

8. Stasiun Televisi Trans 7 (2001)
Trans7 berdiri dengan nama TV7 berdasarkan izin dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jakarta Pusat dengan Nomor 809/BH.09.05/III/2000 yang sahamnya sebagian besar dimiliki oleh Kelompok Kompas Gramedia (KKG). Keberadaan TV7 telah diumumkan dalam Berita Negara Nomor 8687 sebagai PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh. Pada 4 Agustus 2006, Para Group melalui PT Trans Corpora resmi membeli 49% saham PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh. Dengan dilakukannya re-launch pada tanggal 15 Desember 2006, tanggal ini ditetapkan sebagai hari lahirnya Trans7.

9. Stasiun Televisi Trans TV (2001)
Trans TV memperoleh ijin siaran didirikan pada tanggal 1 Agustus 1998 Trans TV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baru terhitung siaran percobaan, Trans TV sudah membangun Stasiun Relai TV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorang presenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. Trans TV kemudian pertama mengudara mulai diluncurkan diresmikan Presiden Gus Dur sejak tanggal 15 Desember 2001 sejak sekitar pukul 19.00 WIB Malam, TRANS TV memulai siaran secara resmi.

10. Stasiun Televisi TV One (2002)
tvOne (sebelumnya bernama Lativi) adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Stasiun televisi ini didirikan pada tanggal 9 Agustus 2002 oleh pengusaha Abdul Latief. Pada saat itu, konsep penyusunan acaranya adalah banyak menonjolkan masalah yang berbau klenik, erotisme, berita kriminalitas dan juga tayangan yang kontroversial yaitu SMACKDOWN, serta beberapa hiburan ringan lainnya. Sejak tahun 2006, sebagian sahamnya juga dimiliki oleh Grup Bakrie yang juga memiliki Stasiun Televisi antv.

11. Stasiun Televisi Global TV (2002)
Global TV diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 2002 di Jakarta dan dimiliki oleh Media Nusantara Citra, kelompok perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan MNCTV. Stasiun ini pada awalnya didirikan untuk merelay acara-acara MTV Asia, yang sebelumnya direlay melalui antv, namun pada perkembangannya juga menyiarkan acara-acara non-MTV dengan pembagian 8 jam untuk Global TV, 8 jam untuk MTV dan 8 jam untuk Nickelodeon yang juga pernah ditayangkan di antv. Pada awalnya pula, kartun jenis Nickelodeon adalah kartun yang banyak di Global TV, namun sekarang juga menyiarkan kartun non-Nickelodeon, termasuk anime.

Untuk TV lokal adalah sebagai berikut:


Stasiun Televisi di Aceh
Aceh TV
TVRI Aceh
Koetaraja TV

Stasiun Televisi di Sumatera Utara
TV Medan
Deli TV
DAAI TV
Spacetoon Medan
ESA TV MEDAN

Stasiun Televisi di Sumatera Barat
Padang TV
TVRI Sumatera Barat
Favorit Televisi (Fativi)
Minang TV
Gemilang TV
Triarga TV
Bukittinggi Televisi (BiTV)
Dharmasraya TV

Stasiun Televisi di Riau
TVRI Riau
SUN TV Pekanbaru
Riau TV
Riauchannel
Rohil TV
Rohul TV
Gemilang Televisi (GTV)
SAM TV
Sri Junjungan Televisi(SJTV)
Labschool TV
Siak Televisi
ESATV RIAU
SPOT TV

Stasiun Televisi di Kepulauan Riau
Barelang TV
Batam TV
Semenanjung Televisi (STV)
Urban TV

Stasiun Televisi di Jambi
TVRI Jambi
Jambi TV
Jek TV

Stasiun Televisi di Bengkulu
TVRI Bengkulu
BENGKULU TV
Sumatra TV
ESA TV
RBtv

Stasiun Televisi di Sumatera Selatan
TVRI Sumatera Selatan
Palembang TV
Sriwijaya TV
Sky TV Palembang
MOS TV

Stasiun Televisi di Kepulauan Bangka Belitung
Bangka TV

Stasiun Televisi di Lampung
TEGAR TV
KRAKATAU TV
TVRI Lampung
L TV (Lampung Mega Televisi)
Radar TV Lampung
Siger TV

Stasiun Televisi di Jakarta
B-Channel
Elshinta TV
DAAI TV
TVRI Jakarta
Jak tv
O Channel
Spacetoon Jakarta

Stasiun Televisi di Banten
Banten TV
Cahaya TV
Carita TV
Untirta TV
Carlita TV
CCNC
Ktv
TV3

Stasiun Televisi di Jawa Barat
TVRI Jawa Barat
Bandung TV
Depok TV
CB Channel
CT Channel
Esa TV (tidak beroperasi)
GaneshaTV (tidak beroperasi)
Garuda TV
Green TV IPB
IMTV
Jabar TV (tidak beroperasi)
Jatiluhur TV
Megaswara TV
MQTV
Parijz van Java TV
Radar Tasikmalaya TV
TazTV
RTV Tasikmalaya
Radar Cirebon TV (RCTV)
Spacetoon Bandung
STV Bandung
Terangi TV
TVB Bekasi
TV Nusantara

Stasiun Televisi di Jawa Tengah
TVRI Jawa Tengah
BMS TV
Grabag TV
MGTV
TATV Solo
TV B
TVKU
Pro TV
Semarang TV
Televisi Tegal (TVT)
Ratih TV
Simpang Lima TV

Stasiun Televisi di Yogyakarta
TVRI Yogyakarta
Jogja TV
SUN TV Yogyakarta
RBTV Jogja
ADiTV
ATV AKINDO TELEVISI

Stasiun Televisi di Jawa Timur
TVRI Jawa Timur
Arek TV
BCTV (Business Channel Televisi) - Kompas TV
JTV (Jawa Pos Televisi)
SBO TV
Surabaya TV
TV Edukasi
TV Edukasi 2
MN TV (B-Channel)
BBS TV (Bama Berita Sarana Televisi)
MH TV (Madecal & Health Televisi) - Sindo TV
TV 9 Surabaya (Tempo TV)
Madura Channel
Agropolitan TV (ATV)
Batu Televisi
Dhamma TV
Jember Mutiara Televisi (JMTV)
Nusantara Damai TV (NDTV)
Gajayana TV
Kilisuci TV
BBS TV
Dhoho TV
Logis TV
Mahameru TV
Malang TV
Rajawali TV
ATV Madiun
Jujur Jember TV (JTV)
BAYU TV
Spacetoon Malang
Home TV
Family Television (FTV)
Sakti Madiun (sebelumnya bernama Madiun TV)
B-One TV

Stasiun Televisi di Bali
TVRI Bali
Bali TV
Dewata TV
Bali Music Channel
Alam TV
Indo TV

Stasiun Televisi di Nusa Tenggara Barat
TVRI Nusa Tenggara Barat
Lombok TV (LBTV)

Stasiun Televisi di Nusa Tenggara Timur
TVRI Nusa Tenggara Timur

Stasiun Televisi di Kalimantan Selatan
TVRI Kalimantan Selatan
Banjar TV
Duta TV
TVB (Televisi Borneo)
Barito Channel
TPKS (Televisi Pendidikan Kal-Sel)
SUN TV Banjarmasin
TV Majta
Borneo Televisi (palangkaraya)
Selidah TV
AMTV (Amuntai TV)
Murakarta TV
Barabai TV
Tapin TV
Tabalong TV

Stasiun Televisi di Kalimantan Tengah
TVRI Kalimantan Tengah
Borneo TV
Palangkaraya TV
Suara Sampit TV

Stasiun Televisi di Kalimantan Barat
TVRI Pontianak
KCTV (PT. Kapuas Citra Televisi)
Ruai TV (PT. Ruai Televisi)
Ktv (PT. Media Khatulistiwa Televisi)
PonTV (PT. Media Utama Televisi Pontianak)
Matahari TV (Matahari TV)
SambasTV (TV Perbatasan Sambas)

Stasiun Televisi di Kalimantan Timur
Berau TV
Borneo TV
TV Beruang
Balikpapan TV
TVRI Kaltim
TVRI Tarakan
PKTV
LNGTV
Tarakan TV
Kutim TV
KalTV
Kaltim TV
Nunukan Channel
Paser TV
Channel Etam
Tepian Channel
Grogot TV
Info Channel
Interconection TV

Stasiun Televisi di Sulawesi Selatan
TVRI Makassar
Makassar TV
Fajar TV
SUN TV Makassar
Celebes TV
Cakrawala TV( Siaran Percobaan )
VIVA Sport( SEGERA )
Spacetoon Makassar( SEGERA )
ArekTV Makassar( SEGERA )
CTV PARE

Stasiun Televisi di Sulawesi Utara
Televisi 5 Dimensi (TV5d)
TVRI Manado
Bunaken TV
GOTV
Pacific TV
Televisi Manado (TVM)
Bintang TV

Stasiun Televisi di Sulawesi Tenggara
TVRI Kendari
Kendari TV

Stasiun Televisi di Gorontalo
Gorontalo TV

Stasiun Televisi di Sulawesi Tengah
TVRI Palu
PALU TV
NUANSA TV

Stasiun Televisi di Maluku
TVRI Ambon
Molluca TV
Ambon TV
Top Maluku TV

Stasiun Televisi di Papua
TVRI Papua
Televisi Mandiri Papua
Top TV Jayapura

Stasiun Televisi di Papua Barat
Jaya TV
Sorong TV
Golden TV

0 komentar:

Poskan Komentar